SOLUSI Penjual Tidak Menerima Dana Shopee Tapi Paket Sudah Diterima Pembeli

 


 SELLER TIDAK MENERIMA DANA PENJUALAN SHOPEE

 

Hi Sobat Lively, Apakah kamu pernah mengirim paket  tetapi tidak menerima dana penjualannya padahal Paket telh diterima oleh Shopee ?

 

Penyebab Seller Tidak Menerima Dana Penjualan Tapi Paket Sudah Diterima Pembeli

Hal utama dan yang paling sering terjadi mengapa Seller atau Penjual tidak menerima dana tapi paket sudah iiterima Customer atau Pembeli ialah:

Paket yang tiba di Pembeli atau Customer Shopee  telah melewati Masa Kadaluarsa Resi Shopee

 

Solusi Seller Tidak Menerima Dana Penjualan Tapi Paket Sudah Diterima Pembeli

Pembeli melakukan pembayaran Shopeepay,Shopeepay Later, atau pembayaran selain COD

Hubungi Pembeli via Chat, bertanya dengan baik apakah paket telah diterima dan dana shopeepay-nya dikembalikan atau direfund ke Pembeli atau Tidak:

1. Jika Dana telah diRefund ke Pembeli, maka Seller atau Penjual dapat menjelaskan dengan baik agar dana ditransfer via Shopeepay ke Penjual atau Seller.

2. Jika Dana tidak diRefund ke Pembeli, maka Seller atau Penjual segera Hubungi pihak Chat Agent Shopee dan jelaskan dengan Detail Permasalahan Sista beserta detail order daan chat dengan pembeli.

Untuk hal ini, dana biasa akan dikembalikan secara otomatis oleh sistem paling cepat 1x24 jam, normal 3x24 jam, paling lambat 7x24 jam.


Pembeli melakukan pembayaran dengan metode Bayar di Tempat atau COD

Hubungi Pembeli via Chat, bertanya dengan baik apakah paket telah diterima dan sudah membayar COD ke kurir (seller butuh ScreenShoot Chat ini sebagai Bukti

1. Jika penjual atau seller shopee menghubungi pihak Chat Agent Shopee, kemungkinan yang sangat besar sobat lively akan diminta untuk menghubungi pihak ekpedisi terkait. Jadi kita langsung lompat ke langkah 2

2. Hubungi pihak ekspedisi secara RESMI melalui Website, Aplikasi, atau WhatsApp RESMI kemudian jelaskan dengan tegas permasalahan sobat Lively.

3. Hubungi kurir ekspedisi yang biasa melakuka pick up paket atau kantor ekspedisi tempat sobat lively Drop Paket kemudian jelaskan dengan tegas permasalahan sobat Lively.

Untuk hal ini, saya sudah beberapa kali mengajukan ke pihak ekspedisi tapi hanya janji-janji yang diberikan. Saya ikhlas saja, salah satu resiko jualan online. Oleh sebab itu, jika ada paket COD hendaknya langsung mengirimkan paket tersebut.

 

 

Artikel ini berdasarkan komunikasi yang biasa dilakukan dengan kurir, penjual, dan customer yang komplain. Semoga ke depannya bisa lebih baik. Amin.

Tidak ada maksud sama sekali ingin memojokkan pihak Marketplace, Ekspedisi, Customer, maupun Seller.


Walaupun biasa ada masalah seperti ini, saya masih tetap Member Platinum Shopee yang sering menggunakan shopee hingga ribuan paket tiap bulannya.

 

 Semoga artikel ini bermanfaat,

Terima kasih sobat Lively