Sekarang sudah enak ya, banyak teman-teman di luar sana yang menggunakan internet untuk menghasilkan uang secara online. Apakah teman-teman yang menonton video saat ini juga sedang mengumpulkan uang dari online ? Sudah puaskah teman-teman dengan pencapaian tersebut? Atau mungkin teman-teman sudah pernah menghasilkan uang online tapi dikarenakan kesibukan lainnya jadi tidak lanjut lagi onlinenya ? Apakah teman-teman tahu ternyata ada juga cara menghsilkan uang online sambil melaksanakan aktivitas sehari-hari dan bahkan bisa  jualan online tanpa modal ?

 

Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Jika belum pernah menghasilkan uang secara online, mungkin teman-teman masih bingung ya gimana sih cara menghasilkan uang secara online dari rumah menggunakan hp ? Atau lagi pikir-pikir apa yang bisa dilakukan untuk menambah penghasilan ? 

Nah, teman-teman hanya cukup menggunakan HP atau Laptop yang ada internetnya. Dengan begitu, teman-teman sudah maju 1 langkah dalam menghasilkan uang secara online.

Ada beberapa cara agar teman-teman bisa menghasilkan uang dengan menggunakan internet seperti jualan online, jadi youtuber, nge-blogging, jadi affiliator, jualan gambar, video, atau desain dan masih banyak lainnya.

Jadi bingung nih kak, mau fokus hal apa unuk menghasilkan uang online ?


Teman-teman cukup menggali atau mengenali diri kita lebih mendalam:

  • Kemampuan atau Skill
  • Hobi yang paling teman-teman sukai
  • Atau aktivitas rutin sehari-hari

Dari ke-3 hal tersebut, akan ada 1 yang langsung terlintas dalam pikiran teman-teman.

Setelah mengetahui dan memilih apa yang paling cocok dengan kondisi teman-teman dan waktu untuk melakukan itu, teman-teman bisa lebih fokus pada 1 Hal tersebut yang merupakan Penghasilan Utama

Kemudian bagaimana cara agar bisa mendapatkan 2-3 penghasilan lainnya tanpa menggangu penghasilan utama. Baik bisnis skala modal kecil maupun tanpa perlu stock barang sekalipun. 


Belum punya modal buka Bisnis atau Jualan Online ?

Tapi, saya belum punya modal untuk buka bisnis atauun jualan online ? Siapa bilang menghasilkan uang secara online harus pakai modal ? Seperti yang saya katakan sebelumnya, teman-teman hanya cukup menggunakan HP atau Laptop yang ada internetnya.

Sebagian besar teman-teman yang menonton video ini menggunakan hp atau laptop yang berinternet bukan ?

Insha Allah saya akan berbagi ide dan pengalaman dalam berjualan seperti:

  • Jualan Online dari HP tanpa Modal
  • Jualan tanpa perlu Stok Barang
  • Bisnis Modal Kecil
  • Sales Marketing yang bisa dijadikan Konten dan menghasilkan uang lagi dari Sosmed, Blog Website, YouTube & Google.

 

Mulailah Menghasilkan Uang sekarang juga

Apakah teman-teman ingat pertama kali menghasilkan uang sendiri, gak perlu dalam jumlah yang besar, tapi pernahkah teman-teman muncul ide bekerja ataupun menjual agar dapat menghasilkan uang ?

Dengan mencoba menghasilkan uang semenjak dini, banyak yang teman-teman bisa pelajari seperti:

  • Manajemen Uang & Waktu yang berguna untuk diri sendiri, keluarga, saat sekolah atau bekerja, kehidupan saat berkeluarga, dan tentunya untuk Bisnis yang dikembangkan sedemikian rupa dengan bisnis maupun investasi lain
  • Sosialisasi dalam lingkungan sekitar, seperti hubungan antara supplier maupun customer, dan juga keluarga, tetangga, sekolah, kantor, dan lainnya
  • Membatu Sesama, misalnya kita membantu teman-teman menghemat waktu dan tenaga dengan menyediakan barang ataupun jasa. Apalagi jikalau sudah memungkinkan, bisa Membuka Lapangan Pekerjaan dan lainnya
  • Berguna bagi Anak nantinya, jika teman-teman sudah melakukan usaha untuk menghasilkan uang seperti buka usaha, jualan modal kecil, jadi YouTuber dan lainnya  katanya nih bisa tercatat di Gen kita untuk anak-anak kita nantinya ataupun tercatat di alam bawah sadar anak-anak kita saat melihat aktivitas kita.

Pertama Kali Saya Menghasilkan Uang Sendiri

Aku ke sekolah sudah dibiasakan diantar jalan kaki sekitar 2/3 km ke sekolah (kecuali jika hujan baru diantar naik mobil) jadi sudah terbiasa untuk naik ke lantai 3, waktu SD kelas 6 itu kelasnya di lantai 3.

Tapi tidak semua seperti itu, sebagian teman-teman masih berpikir kalau mau naik turun tangga 3 lantai hanya untuk ke kantin sekolah. Jadi muncullah ide untuk jual  snack-snack di kelas, kebetulan di samping rumah ada warung.

Yang paling saya ingat itu kacang atom garuda, masih ada versi mini, mungkin isinya hanya 6-10 biji. Kalau tidak salah harga beli snack mulai dari 25 - 50 rupiah per bungkus, uang modal belinya dari uang jajan saya karena udah disiapkan bekal dari rumah.


Uang jajan saya Rp 2.000, saya beli snack modal Rp 1.900 seperti di bawah ini:


Harga barang A modal Rp 50

Aku jual 1 bungkus Rp 100, artinya kembali modal 1 bungkus Rp 50 + untung 1 bungkus Rp 50, jadi aku punya modal lagi 2 bungkus x Rp 50. 

Jual 20 bungkus     x  Rp 100     = Rp    2.000

Beli 20 bungkus     x     Rp 50    = Rp    1.000

_____________________________________ -

Untung 20 bungkus                     = Rp     1.000


 

Harga barang B modal Rp 100

Beli 3 bungkus Rp 300, harga jual minimal 3 bungkus harga jual Rp 500

Jual 9 bungkus (3x500)               = Rp    1.500

Beli 9 bungkus (3x300)               = Rp       900

______________________________________ -

Untung 9 bungkus                       = Rp       600

 

Uang jajan snack aku Rp 2.000, aku beli snack modal Rp 1.900 dan mendapat keuntungan 1.600. Jadi uang yang pegang awalnya Rp 2.000 menjadi Rp 3.600 
 
 
Apakah saya gunakan uang Rp 1.900 atau Rp 3.600 pada hari selanjutnya ?
 
Untuk hari ke-2, saya gunakan uang Rp 3.600 + uang jajan besoknya Rp 2.000 = Rp 5.600
dikarenakan di hari 1, waktu jualnya cepat sekali habis dan masih banyak yang mau.
 
Harga barang A 40 x Rp   50    = Rp 2.000, untung Rp 2.000
Harga barang B 36 x Rp 100    = Rp 3.600, untung Rp 2.400
 
Kebetulan di hari ke-2, laku semua dari harga awal 5.600 menjadi uang 10.000
 
 
Di hari ke-3, saya tidak menggunakan semua uang saya untuk beli snack. Mengapa ?
 
Karena di hari ke-2 untuk menjual beberapa bungkus terakhir tidak semudah di hari pertama. Kemudian saya berpikir kenapa bisa seperti itu ? Saya berpikir mungkin itu karena hanya menjual 2 jenis, atau  tidak semua orang suka snack itu, atau karena sudaha pernah coba di hari pertama jadi tidak mau beli lagi. 
 
Hal kedua karena kalau saya beli sebanyak itu, nanti tas saya penuh dengan snack, wkwkwk... 
Orang tua tidak tau kalau aku sempat jualan itu, dikira untuk snack aku sendiri.

Tapi sayangnya, warung tersebut tidak menjual itu lagi entah untungnya terlalu sedikit atau susah dapat stok barangnya padahal aku beli tidak terlalu banyak tiap harinya.Jadi saya hanya menjual mungkin tidak sampai 1 minggu. Mau ganti snack yang dijual, sisanya besar-besar bungkusnya, biasa ada pemeriksaan tas di sekolah, Jadi saya tidak berani beli yang besar, kebetulan sekolah saya sekolah swasta yang di zaman itu masih menggunakan hukuman fisik.

 

Ada juga nih, beberapa teman menjual kertas organizer binder yang isinya diary, schedule, dan notes cantik.  Dulu tuh trend banget binder. Cuman, walaupun banyak laku, saya juga baru pindah sekolah dan tempat untuk membelinya susah karena waktu itu akhir tahun 90an di saat situasi yang lebih baik ada di rumah.


Jadi, saya hanya menjual tidak sampai 1 minggu karena kelas 6 banyak kegiatan untuk ujian UAN dan masuk SMP. Tapi saya sangat senang dan puas, ternyata begini rasanya punya uang sendiri 😄



Apakah waktu SMP lanjut jualan, tidak karena jarak sekolah itu lebih 10 km dan ujung-ujungnya aku masih harus tetap jalan sekitar hampir 1 km kalau mau pulang. Tapi biasa gak terasa karena barengan teman-teman.

Terus kapan saya lanjut lagi berjualan ? Simak terus sampai akhir ya...


Kenapa saya kepikiran jualan waktu masih kecil ??

Setelah saya ingat-ingat, sejak kecil saya biasa melihat kegiatan orang tua saya yang sesibuk apapun dengan pekerjaan dan kegiatannya, tetap masih bisa membagi waktu untuk mengurus usahanya. 


Namanya juga anak-anak, biasanya bakalan tertarik melakukan hal-hal baru. Jadi waktu kecil, orang tua saya sering mengajak untuk bermain dengan alih untuk memperkenalkan kerajinan tangan, makeup, menjahit, berkebun, beternak, beberapa olahraga dan bahasa dan masih banyak lainnya.

Mungkin dari situ, beliau ingin melihat apa minat saya dan ternyata, apa yang sering kita lihat akan tercatat di alam bawah sadar kita dan apa yang sering kita lakukan waktu kecil bisa membuat kita terbiasa nantinya.

 
Contoh, saya sering melihat transaksi jual beli di mata saya sejak kecil jadinya saya ada kepikiran untuk menjual seperti yang saya ceritakan sebelumnya. Terus koq saya bisa kepikiran beberapa harga jual, sepertinya itu karena biasa kalau ada MLM bakalan ada brosur atau majalahnya. Disitu ada berapa harga beli dan berapa harga jualnya, apa bonus yang didapat saat mengajak teman masuk MLM, atau promo dan gambar menarik lainnya untuk anak-anak. Dan sampai sekarang saya tetap memperhatikan dan belajar tentang harga, promo, serta desain.

Begitu pula dengan Ibu saya, sewaktu kecil beliau sudah dibiasakan beraktivitas bantu-bantu bekerja di peternakan dan  perkebunan milik kakek walaupun sebenarnya banyak pekerja lainnya yang bekerja.

 

 

Tidak Ada Kata Terlambat untuk Memulai

Tidak ada kata terlambat, contoh teman-teman baru memulai usaha, jadi YouTuber atau menghasilkan cara lainnya, nah anak-anak kita yang masih kecil akan melihat apa yang kita lakukan dan tercatat di alam bawah sadarnya, Jika teman-teman bisa membuat apa yang dilakukan menarik perhatian anak-anak kita, maka kemungkinan besar mereka juga ingin mencoba pada saat itu atau bahkan nanti secara tidak sadar. Seperti yang sudah saya ceritakan sebelumnya...



Tapi Ingat !!!

Jika masih sekolah atau kuliah maka menyelesaikan pendidikan juga penting. Contoh, saya tidak pintar, tapi saya berusaha untuk masuk rangking 10 besar di kelas atau pencapaian lainnya, agar bisa lebih mandiri dalam mengambil keputusan serta tindakan yang kita lakukan bisa dipertimbangkan oleh Orang Tua.

Jika sudah bekerja, penting untuk belajar dan mencari pengalaman sambil bekerja  karena menghasilkan uang dengan cara buka usaha maupun penghasilan Online lainnya tidak bisa langsung sukses walaupun punya modal. Semua butuh doa, usaha, dan ketekunan dalam melakukannya.



Bisnis yang bisa dijadikan Konten untuk Menghasilkan Uang Online

Kurang lebih saya akan sharing ide dan pengalaman saya selama belasan tahun berjualan mulai dari 2010 berawal dari dropshipper, reseller, jualan buatan tangan sendiri, jualan produk impor, Jualan online, jualan dari mobil di pinggir jalan, jualan di pameran sampai jualan di toko dan ruko.

Jadi, menurut saya, "apapun itu" bisa menghasilkan uang. Contoh:

 

1. Penghasilan Utama: Jualan produk 

Tambahan penghasilan:

  1. Layanan service atau produk tambahan
  2. Ads dari marketing di youtube
  3. Ads dari blogger yang dijadikan website bisnis.

Dengan pilihan konten: Daily activity, tips, review produk, sharing layanan jasa, sharing problem dan solusi, dan lainnya yang bisa mengenalkan dan membuat bisnis terpercaya dengan kemampuan dan pengalaman yang disharing di konten tersebut.

 

2. Penghasilan Utama: Jualan service atau Jasa

Tambahan penghasilan:

  1. Jualan produk baik offline di kantor bisnis, ataupun secara online di sosmed atau marketplace
  2. Ads dari marketing di youtube
  3. Ads dari blogger yang dijadikan website bisnis

Dengan pilihan konten sama seperti di atas sebelumnya

 

3. Penghasilan Utama: Youtuber

Tambahan penghasilan: 

  1. Jualan jasa skill yang dikontenkan
  2. Jualan produk yang berhubungan dengan konten YouTube secara online di sosmed atau marketplace
  3. Ads dari blogger yang dijadikan website bisnis. 


4. Penghasilan Utama: Blogging

Tambahan penghasilan:

  1. Ads dari youtube. Ini cara yang bisa dikatakan cukup mudah bagi para blogger. Script diambil dari artikel dan dibuatkan video dengan memunculkan muka dan ekspresi. Dan sudah terbiasa buat thumbnail blog jadi tinggal berikan sedikit sentuhan untuk thumbnail video di youtube
  2. Jualan produk secara online di sosmed atau marketplace
  3. Jualan jasa


5. Penghasilan  Utama: Ada

Penghasilan tambahan masih bingung

 

6. Penghasilan  Utama: BELUM ADA

Penghasilan tambahan masih tanda tanya ???


Duhh... penasaran kan, Apa-apa saja Bisnis yang bisa dijadikan Konten YouTube untuk Menghasilkan Uang Online ? Teman-teman bisa tonton dan pilih bisnis apa yang cocok dengan teman-teman di video-video selanjutnya.


Terima kasih